Mengenal Sejarah Karoseri Kendaraan Sanggar Karya – SANGGAR KARYA KAROSERI

SANGGAR KARYA KAROSERIKaroseri merupakan suatu industri jasa pembuatan bodi kendaraan bermotor (mobil) beserta interiornya. Sedangkan untuk chassis dan mesin telah diproduksi sebelumnya oleh pabrik lain secara terpisah seperti Mercedes-Benz, Hino, dll. Karoseri sebagian besar produksinya berdasarkan pesanan konsumen, sehingga tidak menyediakan stock untuk dijual dipasaran.

Kata “Karoseri” berasal dari bahasa Belanda yaitu “Carrosserie” yang artinya rumah-rumah kendaraan yang dibangun diatas chassis mobil, bus, ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu dilapisi plat logam tipis.

Industri Karoseri di Indonesia berkembang pesat pada tahun 70-an, di zaman itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dirancang diatas chassis mobil jenis pickup dan bus dirancang diatas chassis truk (kita sering menyebutnya bus tiga per-empat). Di jaman modern ini, Industri Karoseri hanya memproduksi bus dan truk disamping memproduksi mobil pemadam kebakaran, mobil jenazah dan kendaraan pelayanan niaga.

Kelebihan dari karoseri adalah, konsumen dapat memesan sesuai dengan kebutuhan ataupun keinginan. Akan tetapi, karena sifatnya hanya pada bodi, maka Karoseri hanya bertanggung jawab terhadap bodi eksterior dan interiornya saja.

Teknologi baru dalam pembuatan karoseri sekarang ini adalah chassis monocoque yang mempunyai tingkat keamanan lebih tinggi dan kenyamanan yang lebih baik. Ditambah lagi penggunaan bahan-bahan ringan dan juga kuat seperti kaca serat, alumunium, termasuk juga serat carbon fiber.

Nama monocoque ini diambil dari 2 bahasa yaitu Yunani yang berarti mono = single sedangkan coque = sell atau cangkang dari bahasa Perancis. Dengan demikian monocoque mempunyai makna atau arti shassis dengan struktur tunggal.

Chassis tunggal merupakan sebuah shassis kendaraan beroda 4 atau lebih yang dibuat menyatu dengan body mobil atau unibody. Kelebihan dari shassis model ini sangatlah banyak di antaranya, tingkat efisiensi ruang lebih banyak, lebih ringan, pastinya aman dan nyaman.

Sejarah Karoseri di Indonesia

Sejarah industri karoseri kendaraan di Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan negara lain, khususnya dalam segi kontruksi. Hal itu dikuatkan oleh beberapa negara lain yang pernah di Indonesia, misal seperti Tiongkok. Saat ini negara Tiongkok mampu memproduksi hingga 22.000 unit pertahunnya bahkan untuk 1 pabrik saja.

Di Indonesia saat ini ada salah satu perusahaan Karoseri Kendaraan Bermotor yang patut diperbincangkan, berkat karya-karya terbaiknya dalam pembuatan bodi kendaraan. Mungkin diantara Anda sudah tidak asing lagi dengan Karoseri Sanggar Karya, bukan? Mari kita simak sejarah singkat salah satu Karoseri terbaik tanah air ini.

Sejarah Sanggar Karya Karoseri

Didirikan pertama kali pada tahun 1950, dengan nama Karoseri Lie Ling yang berfokus pada pembuatan badan bus. Seiring berjalannya waktu, selain karoseri pembuatan badan bus kami mulai memproduksi karoseri untuk kendaraan merk Colt T-120 dan Honda TN 7.

sanggar karya logo

Pada tahun 1968 oleh Bapak Hermanto didirikan divisi Karoseri Sanggar Karya yang berlokasi Bandung, divisi ini berfokus pada kendaraan kecil dan medium. Dengan bertambahnya permintaan karoseri untuk kendaraan karyawan maka Sanggar Karya mulai menambah varian jenis dan merk kendaraan yang dapat dimodifikasi.

Sanggar Karya Karoseri telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan hasil yang terbaik bagi konsumen. Oleh karenanya kami tanpa henti terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, teknologi mutakhir, peralatan komponen yang terpilih dan berkualitas serta terus bergerak maju. Sejak tahun 2000 kami mulai mengembangkan sayap dengan menambah divisi marketing.

Lokasi workshop pun berpindah ke jalan raya banjaran km 16 agar dapat menampung kapasitas produksi yang lebih besar. Kemampuan produksi perbulan saat ini sudah mencapai sebanyak 100 unit yang meliputi microbus deluxe, microbus standard, ambulance, mobil jenazah, mobil pelayanan niaga dan medium bus.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *